METODE PENGENALAN HURUF HIJAIYYAH MELALUI PENERAPAN MEDIA KARTU
Keywords:
Media Kartu, Metode, Huruf Hijaiyah.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi fenomina kesulitan anak usia dini dalam belajar mengenal huruf hijaiyah. Rumusan masalah : Bagaimana tingkat kemampuan anak usia dini kelas pra TK. Bagaimana proses pengenalan huruf hijaiyah. Bagaimana penggunaan media kartu huruf hijaiyah. Bagaimana pengaruh penggunaan media kartu huruf hijaiyah terhadap pengenalan huruf hijaiyah. Tujuan penelitian. Mendiskripsikan tingkat kemampuan anak usia dini kelas pra TK. Mendiskripsikan proses pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini kelas pra TK. Mendiskripsikan penggunaan media kartu huruf hijaiyah anak usia dini kelas pra TK. Mendiskripsikan pengaruh penggunaan media kartu huruf hijaiyah anak usia dini kelas pra TK. Metode penelitiannya menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Analisa kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi Uji Credibility, Uji Transferability, Uji Dependability, Uji Confirmability. Hasil penelitiannya ;Tingkat kemampuan anak usia dini kelas pra TK dalam mengenal huruf hijaiyah berbeda tiap anak. Pengaplikasian media kartu huruf hijaiyah di kelas pra TK mengacu pada aturan yang disesuaikan dengan metodologi Qiroati. Pengaplikasian media kartu huruf hijaiyah sangat berpengaruh pada kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia dini baik ketika masih di kelas pra TK A maupun ditahap belajar Al-Quran.Downloads
References
A, Fatah, Inovasi pembelajaran bahasa Arab (Respon, Tantangan dan Solusi terhadap Perubahan). (Arabia, 8 (1), 2016, h. 1-28.
Afrizal, Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu, (Jakarta: Rajawali Perss, 2015)
Ali, Lukman. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2005)
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT Raja Grafindo persada. 2006)
----------, Media Pembelajaran, (Jakarta : Raja Graindo Persada, 2011)
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan
Diakses pada 15 Maret 2022https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i2.242,
Diaksespada 3 Maret 2022. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i2.242,
Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data, ( Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010)
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, (Jakarta: Bumi Aksara, 2015)
Hamidjojo dan Latuheru, Media Pembelajaran dalam proses Belajar mengajar kini, (Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang Pres,1993)
Hartati, S. How To Be A Good Teacher and To Be A Good Mother, seri Panduan Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta : Enno Media, 2007)
Hasan, Aimunah. PAUD (Pendidikan Anak Usi Dini), (Yogyakarta: Diva Press. 2009)
https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/7099/10.%20PEDOMAN%20TRANSLITERASI.pdf?sequence=11&isAllowed=y diakses pada 31 Mei 2022
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kemampuan, diakses pada 31 Mei 2022
Ismail, Andang. Education Games. (Yogyakarta: Pilar Media. 2006)
Jauhar, A. Fuad, Tesis (Magister)Pengaruh Metode Qiraati dan Metode Iqro’ Terhadap Kemampuan Pebelajar Memahami Ilmu Tajwid Dan Keterampilan Pebelajar Membaca Al Quran Dengan Bertajwid, (Malang, FIP Teknologi pendidikan Universitas Negeri malang 2007)
John W. Creswell, Research Design, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2014)
Kemendikbud. Petunjuk Teknis Penylenggaraan Taman Kanak- kanak. (Jakarta: Tim Direktorat pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini 2013)
Khadijah, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, (Medan: Kelompok Penerbit Mulya Sarana, 2015)
Khadujah, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, (Perdana Publishing, Medan. 2013)
Lexi J.Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung:PT Rosdakarya Remaja2018)
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan.( Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Martututi, mengelola PAUD: Dengan Aneka Permainan Meraih Kecerdasan Majemuk, (Bantul : Kreasi Wacana 2012)
Moleong, Pendekatan Kualitatif, (Jakart: Rineka Cipta, 2012)
Oktavia, Ririn Hasan, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Papan Magnetik Pada Anak Tunagrahita. (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol. 5, No.2, 2016)
Rafika, I., Aziz, Y., & Ahmad, A. “Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah untuk Melejitkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini pada TK Islam Terpadu Suloh Kota Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). Diakses pada 16 Maret 2022 http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/387, 2016.
Rasyid, Harun. dkk. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini(Yogyakarta: Multi Pressindo, 2009)
Rini, Tesis (Magister) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Flash Card Di Raudhatul Athfal Baiturrahim Kabupaten Tanjung Jabung Barat”. (Jambi : Universitas Islam Negeri Jambi, 2019)
Rohmah, Konsep E-Learningdan AplikasinyaPada Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta : An-Nur: Jurnal Study Islam. 2020.
Rohmah, N. Bermain dan Pemanfaatannya dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2).(2016)
S, Arif. Sadiman, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada1993)
Santoso, Edy. Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal. dari situs: Skp.unair.ac.id, diakses 12 Maret 2022
Sarah, Putri . Upaya Meningkatan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B. Medan : UIN Sumatera Utara, 2016
Seefeldt, Carol. & Barbara A Wasik. Pendidikan Anak Usia Dini. (Alih bahasa: Pius Nasar), (Jakarta : Indeks. 2006)
Seto, Bermain Dan Kreativitas:Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain , (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2004)
Solehudin, M. Pendidikan Anak Usia Dini, (Bandung Gapura Press 2018)
Solihati, A. Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Melalui Permainan Huruf Kartu Hijaiyah. (Jurnal Pelita PAUD, 2 (2)
Sudjana dan Rivai, Media Pengajaran. (Bandung : Sinar Baru Algesindo, 2007)
Sugiono, Mengenal Peneitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2014).
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)
Suyadi, Konsep Dasar PAUD, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014)
--------, Teoi Pembelajar Anak Usia Dini (Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014)
Suyanto, Slamet. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Yogyakarta :Universitas Negeri Yogyakarta;2012)
Trisniwati Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 Tk Aba Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta. Jurnal Anak usia dini Universitas Negeri Yogyakarta 2014.
Zulva, Chusnatul Wavirotin dan Yohanes Hadi S, Pengembangan Media Pembelajaran Buku Elektronik (E-Book) Untuk Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Pokok Bahasa Perdagangan Internasional.(Jurnal Pendidikan , Vol. 9, No. 2, 2016)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Djunaidi, Siti Fatimatuz Zahro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Isi diluar tanggung jawab percetakan dan pengelola jurnal, naskah boleh di copy dengan menyertakan sumber.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.